Harga Kambing Boer Dan Keunggulan Kambing Broiler Ini - Magelang Jawa Tengah

Kambing Boer merupakan salah satu jenis kambing pedaging yang sangat terkenal di kalangan peternak dari Indonesia. Tapi, Kambing Boer bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Afrika Selatan. Namun, kata Boer sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti petani, karena peternak Belanda awalnya memelihara kambing Boer Afrika Selatan ini. Kambing ini sangat populer dan terkenal dengan sifatnya yang ramah dan humoris. Sosoknya hampir seperti binatang buas yang siap bertarung. Tubuhnya yang berotot dan besar dapat digambarkan sebagai kambing besar. Mereka sangat lembut, aman saat dekat dengan anak-anak dan sangat mudah dirawat. Sistem kekebalan yang kuat membuat kambing ini sangat tahan terhadap penyakit. Kambing Boer mampu bertahan pada suhu yang sangat dingin, khususnya suhu -24 derajat Celcius dan suhu yang sangat panas hingga 42 derajat Celcius sehingga sangat ideal untuk dibudidayakan di berbagai daerah.

 

Sangat mudah untuk mengidentifikasi Anda mengenali Kambing Boer ini karena karakteristiknya yang khas. Dari bentuk tubuhnya yang besar, dengan panjang dan lebar serta sebagian besar tubuhnya ditutupi kulit dan bulu berwarna putih. Kambing Boer memiliki ciri khas kepala yang identik dengan warna coklat kemerahan, telinga panjang menggantung, dan hidung cembung. Kambing Boer berkaki besar dan pendek. Bulunya yang berwarna coklat dan kulit di kepalanya berfungsi sebagai pelindung dari teriknya sinar matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit karena salah satu ciri kambing Boer adalah keinginan untuk berjemur dan bermain di padang rumput yang luas. Diyakini bahwa kambing Boer adalah salah satu kambing yang dapat bertahan di segala jenis lingkungan, dan unggul dalam beradaptasi dengan lingkungan apa pun seperti di lereng gunung dan padang rumput. Makanan paling favorit Kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki fisik yang kekar dan kuat, mulai dari bahu hingga punggung yang dijejali otot dan daging. Sebagai induk yang unggul, kambing Boer jantan itu dapat mengawini 30 sampai 40 ekor betina dan boleh kawin sebulan sekali. Laki-laki mulai aktif kawin saat berusia antara 7 dan 8 bulan. Karena itu, proses pemindahan garis keturunannya sangat cepat. Sedangkan Kambing Boer betina pada bagian kepala dan leher terlihat lebih ramping. Induk betina unggul dapat dinikahkan antara 10-12 bulan, tergantung berat badannya. Durasi kehamilan adalah 5 bulan dan dalam 2 tahun penuh betina dapat melahirkan hingga tiga kali. Dalam perjalanan hidupnya diperkirakan akan melahirkan sebanyak 6 sampai 12 kali karena masa produktifnya bisa sampai 5-8 tahun.

 

Harga kambing boer bisa dibilang cukup mahal. Harga kambing dewasa bisa menyentuh harga Rp. 9 juta menjadi Rp. 12 juta di usia antara 1 tahun dan 2 tahun. Prospeknya menarik bagi Anda yang ingin memulai usaha beternak kambing. Tidak diragukan lagi kambing Boer ini terus dibeli karena jumlah daging yang dihasilkannya lebih banyak dari semua kambing. raja negeri itu. Daging adalah sebutan yang harus diberikan untuk kambing Boer ini. Harga ditentukan oleh seberapa baik daging kambing panggang.

 

Pada musim Qurban Kambing Boer seri F sangat diminati oleh beberapa organisasi untuk berqurban karena daging yang mereka makan sangat banyak dan Kambing Boer ini merupakan salah satu jenis kambing yang paling populer digunakan untuk kurban. qurban. Pada musim Kurban, harga kambing Boer F2 jantan di atas Rp. 12 juta per ekor, yang merupakan harga yang sangat tinggi untuk kambing pedaging di seluruh dunia. Daging yang diambil dari kambing ini adalah 40-50 persen dari berat tubuhnya.

 

Selain itu, tujuan utama peternakan Kambing Boer ini adalah produksi daging untuk memenuhi kebutuhan industri daging. Permintaan Kambing Boer di pasaran selalu ada karena kuantitas dan kualitas dagingnya disukai konsumen. Hal ini sangat disarankan bagi mereka yang ingin memulai usaha peternakan kambing yang berfokus pada produksi daging, untuk memilih Kambing Boer ini untuk dikembangbiakkan. Mereka menghasilkan pemintalan cepat dan poin penjualan yang sangat tinggi.

 

Kambing Boer memiliki posisi tubuh yang unik yaitu memanjang. Bagaimana mungkin seorang peternak tidak mau terlibat dalam bisnis peternakan kambing boer? Khususnya dalam perawatan serta penyediaan asupan pakan yang dapat mempercepat penggemukan kambing Boer. Membiakkan kambing Boer cukup sederhana karena Anda hanya perlu memastikan jumlah pakan yang tepat serta kesehatan lingkungan. Perkembangan kambing Boer ini terbilang cepat karena baru berumur sekitar 5-6 bulan, dan sudah mencapai 35-45 kg.

 

Kambing Cross Boer

 

Kambing persilangan Boer merupakan hasil persilangan kambing Boer dengan kambing lokal seperti Jawarandu, PE, dan kambing kacang. Kawin silang antara kambing Boer dan kambing lokal bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak yang dipelihara oleh kambing dan untuk meningkatkan jumlah daging yang dihasilkan. Bobot badan merupakan faktor vital dalam menentukan nilai ekonomi usaha peternakan sehingga peternak dapat menentukan jumlah daging yang dihasilkan dan nilai jual i. n untuk menentukan keuntungan yang diperoleh. Ada banyak jenis kambing yang dihasilkan dari persilangan kambing persilangan, yaitu

 

1. Kambing Boerja misalnya, merupakan hasil persilangan kambing Boer jantan dan kambing Jawa betina.

2. Kambing Boerawa, yaitu hasil perkawinan silang antara kambing Boer jantan dengan kambing Etawa betina.

 

Kambing Boer produktif memiliki berat hingga 80 kg, sedangkan kambing Jawa memiliki berat hingga 25 kg. Hewan Boerja dan Boerawa memiliki berat antara 35 hingga 45 kg. Kawin silang telah dilakukan di berbagai lokasi seperti Bojonegoro, Blitar, Malang dan treggalek. Hal ini tidak lepas dari dukungan Gubernur Pemda yang telah menganjurkan untuk dibentuknya program ini agar dapat membantu masyarakat dalam mendirikan peternakan kambing di Indonesia. Salah satu peternak tradisional Jawa Timur mengaku mendapat pesanan dari rumah makan dan pernah menjual 300 ekor kambing Boerwa ke wilayah Sulawesi. Juga, Nusa Tenggara Timur. Salah satunya adalah peternakan agriranch yang fokus untuk beternak kambing Boerja bersama kambing Boerwa. Lokasi pertanian peternakan ini berada di dekat Karangpoloso, Malang, Jawa Timur.

 

Selain itu, pada tahun 2005 Pada tahun 2005 tepatnya di Ciawi dan di Balai Peternakan Ciawi telah dilakukan penelitian persilangan kambing Boer jantan dengan kambing betina lokal. Peningkatan produksi kambing lokal melalui perbaikan mutu genetik melalui perkawinan silang antar pejantan unggul seperti kambing Boer memberikan peluang yang sangat luas. Studi ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan bobot bayi baru lahir sekitar 15,6 persen jika dibandingkan dengan kambing PE. Selain itu, persilangan kedua jenis kambing ini dilakukan oleh sekelompok peneliti yang tergabung dalam Loka Penelitian Kambing, di Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Banyak penelitian telah dilakukan untuk menemukan hasil yang sangat efektif untuk industri kambing boer di Indonesia, oleh karena itu beberapa keunggulan persilangan kambing Boer atau disebut juga kambing boer silang adalah sebagai berikut:

 

1. Kambing Cross Boer memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, berat lahir rata-rata berkisar antara 2,2 hingga 2,8 kg untuk setiap ekor, kemudian pada usia 6 bulan mengalami peningkatan berat hingga 16 hingga 20 kg per ekor. Tergantung dari bobot satu ekor kambing persilangan kambing Boer pada umur antara 12-18 bulan bisa mencapai 26-36kg per ekor.

 

2. Reproduksibilitas kambing Boerka sangat tinggi. Kambing Cross Boer mampu beranak hingga 3 kali dalam waktu dua tahun. Rata-rata 1 atau 2 anak lahir di setiap induk kelahiran. Kambing persilangan mampu beradaptasi dengan kondisi tropis basah di daerah dataran rendah.

 

Keunggulan kambing cross boer berpeluang untuk dikembangkan oleh peternak komersial maupun tradisional. Hal ini akan menambah pengetahuan para peternak dan membantu masyarakat setempat dalam beternak domba cross boer, untuk membantu masyarakat meningkatkan produktivitas. Peternak juga dapat menentukan harga jual kambing Cross Boer di pasar internasional dan nasional. Rata-rata harga jual kambing cross boer yang dijual di pasaran adalah Rp 10.000 per kg.

 

Budidaya Kambing Boer

 

1. Kandang dan tanah

Lahan dan lokasi tidak terlalu sulit karena kambing Boer mampu beradaptasi dengan kondisi yang berbeda, namun cukup luas untuk menampung kebutuhan. Kandang dan lahan sebaiknya tidak terletak di tempat yang banyak akses sinar matahari, jauh dari pemukiman, dan tidak banjir jika terjadi hujan deras. Sistem kandang dengan sistem filtrasi sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan memudahkan pembersihan kotoran kambing.

 

2. Biji

Dalam memilih bibit dan induk yang akan dijadikan sebagai penghasil atau penerus anak kambing berikutnya. Spesifikasi unggulannya adalah kambing yang sehat dengan tubuh yang kuat dan tegap. Jangka waktu yang baik untuk indukan adalah 6 bulan ke atas.

 

3. Beri makan

Untuk pakan, kambing Boer seperti kambing lainnya akan lebih memilih daun hijau seperti daun nangka. Jumlah pakan dapat berkisar dari 10 persen hingga 15 persen untuk seluruh berat hewan. Selanjutnya pemberian pakan tambahan yang dapat membantu menambah nutrisi dan mendongkrak laju pertumbuhan kambing dapat diolah melalui pabrik maupun secara pribadi untuk diolah dan dengan persentase protein sebesar 16 persen. Selain itu, kambing Boer bisa minum 1,5 hingga 2,5 liter air per hari. Untuk memastikan kesehatan mereka, air harus diganti setiap hari.

 

4. Perawatan dan Pembibitan

Perawatannya tidak terlalu sulit karena antelop boer memiliki sistem kekebalan yang paling kuat dan jarang terjadi menderita penyakit. Namun, kesehatan perlu diperhitungkan untuk beternak kambing yang berkualitas. Pastikan untuk melakukan penyemprotan secara rutin dengan disinfektan di dalam kandang. Selanjutnya, fase pemuliaan harus dikelola untuk mendapatkan hasil yang unggul. Jika digabungkan atau dibiarkan pejantan unggul tidak akan memiliki hubungan dengan betina yang lebih unggul, sehingga anaknya tidak membuahkan hasil yang diinginkan.

 

Ini hanyalah beberapa keunggulan dari kambing Boer dan harga jual dapat digunakan sebagai panduan bagi peternak baru yang ingin memulai bisnis terkait hewan. Jika dirawat dengan baik, bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Ini bisa sangat membantu!

Comments

Popular posts from this blog

Keunggulan Menggunakan Pagar Beton dalam Konstruksi

Daftar Fitur Baru WhatsApp untuk iPhone dan Android

Tingkatkan Jumlah Sperma dengan beberapa Makanan sehat Ini